Pariwisata Bukittinggi 1

Harus diakui bahwa denyut nadi kehidupan di kota Bukittinggi dipengaruhi dengan kuat oleh kegiatan industri pariwisata. Pariwisata ini tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Wisatawan lokal sepertinya didominasi oleh wisatawan dari daerah sekitar Bukittinggi sendiri seperti misalnya adalah dari Padang, Pakabaru dan daerah – daerah lainnya. Rata-rata wisatawan ini tidak hanya mendominasi pada saat waktu liburan saja, tetapi juga mengisi waktu akhir minggu, mungkin mirip dengan yang terjadi pada masyarakat Jakarta yang meluangkan waktu libur akhir minggunya ke kota Bandung.

Tidak hanya dari wisatawan lokal, jumlah wisatawan asing pun cukup tinggi, didominasi oleh wisatawan dari Semenanjung Malaka, cukup banyak orang – orang Malaysia yang mengisi waktu liburannya di kota Bukittinggi ini, kadang tidak sekedar mengisi waktu liburannya saja, kadang mereka juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berdagang, dengan membeli produk – produk lokal Bukittinggi dan kemudian menjualnnya di Malaysia. Beberapa produk yang menjadi target mereka antara lain adalah tenunan, bordir, kain songket serta pakaian muslim.

Sebenarnya eksistensi kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata atau kota tujuan wisata di Sumatra ini sudah tidak perlu diragukan lagi, hanya saja patut disayangkan apabila potensi yang ada ini tidak dikembangkan lebih lanjut. Pengembangan lebih lanjut tentunya akan mempunyai potensi perkembangan wisata yang lebih baik lagi bagi Bukittinggi, dan ini berarti potensi terhadap peningkatan kegiatan ekonomi di kota ini yang tentunya akan mengakibatkan terjadinya pengingkatan kesejahteraan bagi penduduk kota ini.

Perlu komitmen yang tinggi dari seluruh jajaran aparat pemerintahan daerah untuk membuat Bukittinggi menjadi kota Wisata yang lebih baik lagi. Banyak hal yang perlu diperbaiki, dan semuanya bermulai dari pertanyaan dasar:

Apakah para wisatawan merasa nyaman untuk tinggal di Bukittinggi?

Disamping itu perlunya suatu perencanaan yang terintegrasi menyangkut pembangunan di Bukittinggi, seperti misalnya adalah keberadaan pedestrian yang terintegrasi dari satu bagian kota ke bagian kota lainnya dan banyak hal lainnya

Bukan hal yang mudah untuk membawa perubahan demi mencapai sesuatu yang baik, tapi dengan komitmen yang tinggi dan partisipasi aktif dari semua pihak, hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin dicapai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: