MAKANAN RINGAN KHAS BUKITTINGGI

Tidak hanya wisata alam, Bukittinggi juga terkenal dengan wisata kuliner nya. Setelah puas menyantap berbagai jenis masakan tradisional, beberapa makanan / minuman ringan khas Sumatera Barat ini patut dicoba, yaitu :

BIKA

Campuran tepung beras, gula dan kelapa parut dalam sepotong bika bakar, memberikan sensasi rasa yang khas, apalagi bila dimakan panas-panas. Umumnya terdapat dua jenis bika, yaitu bika warna putih dan merah, dibedakan dari jenis gula yang dipakai. Penjual bika bakar ini banyak tersebar di daerah Koto Baru, atau di Pasar Atas kota Bukittinggi. Biasanya 1 buah bika dijual dengan harga 2000 – 4000 rupiah.

TUMBANG

Kue tumbang termasuk salah satu kue tradisional berbahan dasar singkong yang memiliki rasa manis dan legit. Sayang, saat ini tidak mudah menemukan kue tumbang di sekitar kota Bukittinggi. Sepertinya kue tumbang “kalah pamor”dengan jenis makanan olahan singkong lainnya yang lebih banyak dicari wisatawan. Terkadang hanya seorang penjual kue tumbang yang bisa dijumpai di sekitar daerah Pasar Atas.

KALIKIH SANTAN

“Kalikih”dalam bahasa minang berarti buah Pepaya. Sesuai dengan namanya, Kalikih Santan adalah makanan tradisional berupa potongan buah pepaya yang dicampur dengan kuah santan. Rasa manis buah pepaya dan gurih nya kuah santan, memberikan sensasi rasa yang menyegarkan. Kalikih santan bisa ditemui di hampir seluruh sudut kota Bukittinggi.

GALAMAI

Galamai merupakan makanan dari ketan. Serupa dengan kue dodol atau jenang di Pulau Jawa, galamai juga memilki rasa manis dan berwarna hitam mengkilat.

SALA LAUAK

Dalam bahasa Minang, kata “sala” berarti goreng, dan kata “lauak” berarti ikan. Namun, makanan ini bukan berarti ikan goreng, namun gorengan tepung beras berbentuk bola-bola kecil. Aslinya, sala lauak adalah makanan khas daerah Pariaman, yang menggunakan ikan asin sebagai salah satu adonannya.

CINDUA LANGKOK

Cindua langkok adalah salah satu minuman tradisional yang cukup terkenal. Sesuai dengan artinya dalam bahasan Minang, Cindua yaitu cendol. Minuman ini memang seperti es cendol, yang membedakan adalah variasi isi nya. Cindua yang disajikan umumnya berwarna hijau atau merah, lopis, durian, beserta makanan khas Sumatera Barat lainnya, yaitu ampiang (beras yang ditumbuk). Penjual Cindua Langkok umumnya berjualan dengan gerobak, dan banyak ditemui di sekitar kota Bukittinggi

AMPIANG DADIAH

Ampiang dadiah termasuk salah satu makanan terkenal khas Sumatera Barat. Makanan ini terdiri dari ampiang (beras pulut), dan dadiah (hasil fermentasi susu kerbau murni. Rasa dadiah ini bisa dikatakan seperti yoghurt tradisional, asam dan segar. Tidak semua orang luar Minangkabau suka memakannya, namun bila penggemar yoghurt, ampiang dadiah patut dicoba. Sederhana dalam rasa, namun kaya akan rasa.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: